Penelitian Tentang Kajian Semiotika pada logo RANS Nusantara FC

1. Apa itu RANS Nusantara ?

    Sebelumnya Club bola ini memiliki nama Cilegon United. Didirikan tahun 2012 oleh Yudhi Aprianto. Cilegon united merupakan klub sepak bola kebanggan masyarakat Banten yang saat ini berlaga di Liga 2 Zona Barat. Club ini semula berkandang di Stadion Krakatau Steel. Lalu setelah diakuisisi pada 31 Maret 2021 oleh oleh Rans Entertainment milik Raffi Ahmad dan Rudy Salim selaku pemilik Prestige Motorcars, sekarang memiliki dua stadion sebagai home base. Stadion Madya sebagai home base utama dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi home base alternatif. Setelah diakuisisi oleh Rans Entertainment milik Raffi Ahmad dan Rudy Salim selaku pemilik Prestige Motorcars , Club sepak bola ini mengalami pergantian nama sebanyak dua kali, Yang sebelumnya bernama Cilegon United dirubah menjadi Rans Cilegon FC. Dan yang terbaru berubah menjadi Rans Nusantara FC.

1. Siapa itu Raffi Ahmad



    Raffi Faridz Ahmad alias Raffi Ahmad sudah sejak lama berkiprah di dunia hiburan. Berprofesi sebagai penyanyi, aktor, komedian, pengusaha, bintang Iklan, produser dan presenter, suami dari Nagita Slavina ini sukses dalam skala besar di usia muda. Raffi Ahmad ini dilahirkan di Bandung Jawa Barat tepatnya pada tanggal 17 Februari 1987. Ia merupakan anak sulung dari tiga bersaudara yang bernama Syahnaz Sadiqah beserta Nisya Ahmad. Raffi Ahmad merupakan anak sulung dari almarhum Munawar Ahmad dengan Amy Qanita. Ia mulai terjun ke dalam dunia hiburan sejak tahun 2002 lewat sinetron bertajuk Tunjuk Satu Bintang yang dibintangi oleh sejumlah artis terkenal lainnya. Mulai dari sana Raffi meningkatkan karirnya. Raffi Ahmad terkenal dengan influencer dengan kekayaan yang melimpah. Raffi memiliki banyak bisnis, mulai dari minuman, makanan, hingga makanan ringan. Bahkan setelah sukses menjadi artis, suami dari Nagita Slavina ini melanjutkan karir di dunia YouTube. Raffi Ahmad yang memulai karirnya dari nol itu, sekarang sudah dapat menikmati hasil dari jerih payahnya. Dirinya bahkan sempat dinobatkan sebagai salah satu artis terkaya di tahun 2019 lalu. Aset kekayaan Raffi Ahmad ini berupa rumah, apartemen, koleksi mobil sport, dan beberapa perusahaan yang dimilikinya. Dan saat ini Raffi Ahmad mencoba menexpansi usahanya kedunia olah raga. Salah satu alasan Raffi mengakuisisi Cilegon United yang berganti nama menjadi Rans Nusantara FC ini karena Raffi ingin ikut andil memajukan dan juga memperbaiki infrastruktur yang ada di dunia sepak bola Indonesia. Ia juga sudah menyiapkan tim-tim profesional di bidang sepak bola untuk mencari bakat-bakat pemain sepak bola di luar sana untuk Rans Nusantara kedepannya.

3.     Apa itu Logo

    Logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Sebuah logo bisa berupa nama, lambang atau elemen grafis lain yang ditampilkan secara visual. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing.
 Logo bisa diibaratkan dengan wajah. Setiap orang bisa dengan mudah dikenali antara satu dengan yang lain hanya dengan melihat wajah. Begitu juga halnya dengan logo. Logo merupakan sebuah visi penyampaian citra positif melalui sebuah tampilan sederhana dalam bentuk simbol.

Contoh logo mark
    logo wordmark adalah logo berbasis font. Hanya saja lebih berfokus pada nama perusahaan/ organisasi itu sendiri secara langsung. Jenis logo ini sangat cocok digunakan oleh perusahaan dengan nama yang singkat dan berbeda, Google, Facebook, Netflix, Grab, Coca-Cola, FedEx, Disney adalah contohnya. Nama-nama perusahaan tersebut ringkas, catchy dan mudah diingat dikombinasikan dengan tipografi dan warna yang kuat sehingga membantu brand lebih kuat untuk dikenali.

Contoh Logo gram / Logo symbol

    Jenis logo Symbol merupakan logo berbasis gambar yang biasa disebut juga dengan istilah ikon. Simbol ini sangat melekat pada sebuah brand, dengan begitu nama atau identitas perusahaan/ organisasi dapat dikenali walau hanya dengan melihat simbolnya saja. Sebagai contoh, Apple Inc dengan logo buah apel, Twitter dengan ikon burung birunya, Nike dengan tanda centang (checklist), Premier League, Gojek, WWF, Android dan Shell. Tipe logo ini bisa dibilang cukup rumit ketika digunakan oleh perusahaan baru atau yang belum memiliki pengakuan merek yang kuat. Karena apabila logo jenis lain bisa dengan jelas mencitrakan merek dengan mencantumkan nama maupun inisial merek pada logo, pemakaian logo simbol/ ikon ini hanya bisa mengandalkan gambar ikonik saja. 

4.     Apa itu pendekatan Semiotika Ferdinand de Saussure

    Ferdinand de Saussure mendefinisikan semiotika sebagai ilmu yang mengkaji tentang tanda sebagai bagian dari kehidupan sosial. Dasar pemikiran de Saussure tentang semiotika adalah tanda merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari dua bidang/ entitas, yaitu penanda/ signifiant dan petanda/ signified. Penanda merupakan tanda atau “sesuatu” untuk menjelaskan bentuk sedangkan petanda untuk menjelaskan sesuatu yang diutarakan atau sesuatu yang diwakilkan atau konsep. Oleh karena itu, suatu obyek yang digunakan untukmenyampaikan sesuatu atau pesan, selalu mempunyai peran ganda yaitu sebagai “yang menandakan sesuatu” dan sekaligus sebagai “yang ditandakan” Hal lain yang harus diperhatikan dalam melakukan analisis menggunakan metode semiotika adalah jenis tanda, jenis sistem tanda, jenis teks dan jenis konteks. Jenis tanda adalah sesuatu yang berbentuk, misalnya ikon atau lambang. Jenis sistem tanda adalah bentuk dari jenis tanda tersebut, dapat berupa bahasa, kontur atau warna. Jenis teks adalah tulisan yang menjadi suatu simbol atau biasa menjadi tagline/ semboyan sedangkan jenis konteks adalah situasi yang mempengaruhi makna tanda, seperti kondisi sosial, kultural, historis dan psikologis.

5. Pentingnya Logo RANS Nusantara dikaji dengan semiotika

    Dalam melakukan analisis pada logo Rans Nusantara, logo merupakan suatu bentuk yang menjadi penanda, yang menggambarkan atau mewakili sesuatu sekaligus sebagai sesuatu yang ditandakan dari bentuk yang diwakili. Namun bentuk yang diwakili tersebut kemudian diinterpretasikan kembali berdasarkan petanda yang diterjemahkan dari visi, misi dan konsep bisnis dengan memperhatikan jenis teks dan konteks yang melekat pada logo tersebut. Sedangkan dalam melakukan analisis data, penulis mencoba melakukan dengan metode semiotika berdasarkan teori Ferdinand de Saussure. Analisis dilakukan untuk mendapatkan jawaban apa makna burung Pheonix yang dirancang sebagai bagian dari pencitraan Rans Nusantara. Proses yang akan dilakukan dalam membuat analisis, berdasarkan teori Ferdinand de Saussure adalah mengaitkan elemen yang berupa gambar (logo) sebagai penanda dan data Rans Nusantara sebagai petanda yang merupakan konsep awal terciptanya logo tersebut sehingga menjadi sebuah “tanda” bagi Rans Nusantara.

Rumusan Masalah

1.    Apa ciri khas visual key yang ditampilkan pada logo RANS Nusantara?


    Logo Rans Nusantara ini merupakan jenis Logo emblem yang memiliki karakter yang kuat. logo ini pun terlihat elegant dan modern untuk sebuah logo Club sepak bola. Ciri visual yang mencolok pada logo ini adalah Icon burung Pheonix pada bagian tengah logo. burung phoenix yang dalam mitologi merupakan jenis burung api legendaris yang keramat. Filosofi dari phoenix sendiri yaitu sebagai sosok penuh semangat dan melambangkan sebuah kebangkitan.  Lalu ciri visual lain yang mencolok pada logo ini adalah gabungan antara warna ungu dan biru . gabungan kedua warna ini mengikuti dari warna logo RANS yang memiliki warna gabungan antara ungu dan biru. 
    Masing-masing warna tersebut juga memiliki maknanya tersendiri seperti warna ungu yang memiliki arti kemewahan dan keanggunan yang hakiki. serta warna biru yang memiliki makna secara psikologis yaitu warna biru dapat melambangkan kesetiaan dan kejujuran, proffesional dan merepresentasikan sebuah loyalitas atau terpercaya pada sebuah perushaan. 

2.    Apa relefansi antara icon pheonix terhadap sebuah harapan yang baru?



    Phoenix dalam budaya barat diperkenalkan dari mitologi Yunani, dimana kata Phoenix memiliki arti merah keunguan atau crimson. Burung Phoenix merupakan nama bahasa Inggris yang diberikan kepada burung yang paling penting dalam mitologi Cina. Burung Phoenix memiliki karaktristik dan arti simbolis. Di Cina, burung Phoenix adalah makhluk legendaris kedua yang paling dihormati setelah naga. Burung pheonix dipercaya dapat hidup selama lima ratus tahun dan mampu mencapai keabadian dengan membakar dirinya diatas tumpukan ranting pohon rempah. Kemudian abunya diyakini menjelma menjadi burung pheonix baru atau reingkarnasi, begitu seterusnya. oleh sebab itu burung Pheonix juga dapat di simbolkan sebagai bentuk keabadian atau harapan yang baru. seperti halnya Cilegon United yang di akuisisi oleh Raffi ahmad menjadi Rans Nusantara, Club bola ini diharapakan membawa harapan baru dan semangat baru. 

3.  Apa saja tanda-tanda semiotika yang ada dalam branding RANS Nusantara FC?

a. Logo Rans Nusantara FC

-Signifer ( Penanda) 
Pada logo ini menggunakan warna hitam, putih, ungu, dan juga biru.  Terdapat tulisan RANS Nusantara pada bagian atas, icon Pheonix pada bagian tengah, lalu teks Football Club pada bagian bawah. 

- Signified (Penanda)
Tulisan teks RANS dan Football Club menandakan bahwa club bola ini merupakan milik RANS atau Raffi Ahmad. Didukung dengan warna ungu dan biru yang merupakan branding warna dari RANS. diikuti warna putih dan hitam sebagai pelengkap. Lalu sebuah kebangkitan atau semangat baru ditandai dengan penggunaan icon Pheonix karena siklus hidup burung Pheonix yang unik, Burung Pheonix akan mati dengan membakar dirinya sendiri , lalu dari abu nya tersebut menjelma menjadi burung pheonix baru atau reingkarnasi, begitu seterusnya. oleh sebab itu burung Pheonix juga dapat di simbolkan sebagai bentuk keabadian atau harapan yang baru.

b. Instagram Rans Nusantara FC




-Signifer ( Penanda)
Setiap postingan pada instagram Rans Nusantara memiliki warna dasar yang sama seperti halnya logo RANS yaitu warna Biru dan juga ungu, Lalu terdapat warna hitam yang menjadi warna pendukung. 

- Signified (Penanda)
petanda bahwa instagram Rans Nusantara FC memiliki warna yang konsten dan juga branding yang sama seperti logo RANS yang memiliki warna dasar biru dan juga ungu. 


Daftar Pustaka :

srajab, M. (2022). RANS Cilegon FC Masuk Liga 1 Bakal Launching Logo Baru dan Ganti Nama Klub.

Ramadhan, M. S. (2021). Penuh makna filosofi RANS Nusantara FC.

Sultannata, C,. & Maryam, S. (2018). Analisis Semiotika Logo Brodo Footwear di Media Sosial Twitter (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 153-174.

PUTRI, HIAS PADA BUSANA BATIK REMAJA. "BURUNG PHOENIX SEBAGAI IDE DASAR PERANCANGAN MOTIF." (2017).

BUDI, Angen Jiwo Ayu. Kajian Estetika Batik Bakaran Klasik Motif Burung Phoenix. 2015. PhD Thesis. Unika Soegijapranata. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Semiotika Dalam Kehidupan Sehari-hari

Review Penelitian tentang Estetika Seni Rupa dan Desain